Model Talenan Bambu & Kayu Dengan Fitur Unik (2024)

Sejak awal tahun 2024 ini kami mengamati beberapa model talenan kayu dan bambu (cutting board) dalam berbagai ukuran, jenis kayu, dan fitur tambahan yang membuat talenan lebih dari sekedar landasan untuk memotong bahan makanan.

Beberapa model dirancang sedemikian rupa untuk bisa digunakan pada kedua sisinya, model lainnya dirancang untuk bisa berfungsi sebagai alat dapur selain talenan, atau dengan tambahan kombinasi material selain kayu/bambu untuk mempercantik dan meningkatkan daya tahan talenan tersebut.

talenan kayu
Talenan kayu biasanya dibuat dengan lubang pada pegangannya agar mudah disimpan pada dinding/img: houseeyou


JENIS KAYU

Jenis kayu yang paling sering dan umum dipakai untuk membuat talenan kayu adalah jenis kayu keras seperti kayu maple, kayu walnut, kayu cherry, dan kayu birch. Jenis kayu 'Hardwoods' dipilih karena memiliki daya tahan lebih baik terhadap penyerapan air atau kelembaban.

Kayu jenis lunak seperti kayu pinus, kayu cedar, atau kayu sengon lebih rentan terhadap goresan sehingga akan meninggalkan guratan yang menjadi tempat sisa makanan yang sulit dibersihkan.

Untuk jenis bahan yang lebih premium, beberapa produsen menggunakan bahan kayu jati untuk membuat talenan kayu. Selain jauh lebih awet, kayu jati memiliki kandungan minyak alami yang bisa menjaga kondisi talenan tetap baik walaupun digunakan selama beberapa tahun.


Memiliki baki penampung

tray plastik
Dibuat dari bahan bambu dan memiliki beberapa buah baki terbuat dari plastik bebas BPA. Baki dengan penutup berkunci bisa dipakai untuk menyimpan potongan cabai atau bawang putih, sedangkan baki lainnya tanpa penutup sebagai penampung sementara sisa potongan sayur atau daging.

Sayangnya talenan bambu ini tidak memiliki alur di sekelilingnya untuk membuang limpahan air, sehingga bisa membantu proses memotong bahan makanan lebih bersih.


Ada wadah pisau tersembunyi

talenan kayu Oxone Talenan bermerek OXONE ini berukuran cukup tebal (6 cm) untuk sebuah talenan kayu tipe medium (38 x 25 cm), namun sangat menarik dan unik karena memiliki kompartemen untuk menyimpan 3 buah pisau yang terbuat dari bahan stainless steel di bagian bawahnya.

Talenan ini akan membuat dapur anda terlihat rapih dan bersih karena saat memotong bahan makanan, sisa potongan bisa anda buang sementara di atas kompartemen pisau, dan menyimpan kembali pisau di dalamnya saat selesai digunakan.


Ukurannya dapat diperpanjang

talenan bambu Hifybaty Talenan Hifybaty dibuat dari bahan bambu laminasi yang bisa diletakkan di atas wastafel dapur dan ukurannya bisa diperpanjang hampir sepertiga dari ukuran panjang sebelumnya, dari sekitar 60 sentimeter menjadi 80 sentimeter.

Fitur ini yang menjadi sangat unik karena struktur rangka luarnya dibuat seperti laci tradisional, bergerak sepanjang sisi samping yang berbentuk seperti sambungan alur dan lidah yang sedikit lebih panjang dari konstruksi biasa agar lebih stabil saat talenan diperpanjang.

Bahan bambu memang lebih mudah pecah, tetapi lebih mudah dicuci dengan cara manual tanpa harus menggunakan dishwasher.


Dilengkapi dengan slot untuk ponsel pintar!

talenan bambu dengan slot hape
3 lembar talenan bambu dengan slot untuk ponsel pintar/img: schoolhouse

Talenan ini juga dibuat dari bambu, dan pada kedua sisinya bisa dipakai sebagai talenan. Tidak hanya alur sekeliling papan talenan yang menjadi standar, tapi uniknya adalah pada ujung talenan ini terdapat alur pendek yang ukuran, sudut dan dalamnya dirancang untuk meletakkan ponsel pintar.

Tujuannya agar saat mempersiapkan bahan memasak, kita bisa sambil membaca resep atau panduan memasak secara online. Desainnya pun sangat cantik, sederhana, dan terlihat elegan.


Fitur lengkap 3 in 1

talenan dengan fiture 3in1 Model berikut ini dibuat dari kayu solid dan memiliki fitur lengkap 3 in 1 pada satu papan talenan.

Terdapat slot untuk ponsel pintar pada salah satu sudutnya, dan sudut lainnya memiliki baki yang terbuat dari bahan baja tahan karat untuk menampung sisa-sisa potongan dan air dari bahan untuk memasak dan bisa dibuang dengan mudah.

Fitur yang ketiga sangat unik dan spesial, yaitu dengan adanya alat pengasah pisau yang dipasang built-in di ujung talenan, sehingga pisau yang digunakan tetap bisa bekerja dengan baik.


Berpola 3D

pola kotak 3D
Sekilas terlihat bahwa permukaan talenan ini tidak rata. Susunan teratur dari 3 jenis dan warna kayu yang berbeda membuat pola tersebut nampak indah dan serasi.

Dua permukaannya bisa digunakan untuk memotong bahan makanan dan memiliki cekungan yang dirancang agar air tidak tumpah ke bawah, sekaligus terpasang kaki karet agar talenan tidak mudah bergeser.


Biasanya talenan kayu atau bambu tidak direkomendasikan untuk dicuci menggunakan dishwasher karena bisa menyebabkan retak hingga pecah. Mesin dishwasher membutuhkan suhu hingga 40 derajat untuk mengeringkan peralatan masak dan alat meja lainnya, dan suhu yang terlalu panas ini bisa membuat kayu bereaksi atau berubah bentuk.


---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama