3 Furniture Menarik Pada Wood Awards 2024

Wood Awards merupakan ajang kompetisi terkemuka di Inggris yang menghargai, mendorong, dan mempromosikan desain arsitektur, struktur bangunan, furniture, dan benda lainnya yang sangat menarik dan terbuat dari kayu.

Kompetisi ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1971 dan dipisahkan dalam 2 kategori, yaitu kategori bangunan dan kategori furniture & obyek lainnya. Pada tahun 2024 ini telah menerima lebih dari 200 entri. Para juri yang terdiri dari arsitek, insinyur, desainer, seniman, kritikus, dan pakar lingkungan telah memilih 18 entri dari kategori bangunan dan 15 entri dari kategori furniture & obyek.

Dari 15 entri kategori furniture yang menjadi nominasi, beberapa model kursi terlihat sangat menarik dan unik.


EBWORTH STOOLS

ebworth stools Terbuat dari kayu Ash yang ditanam di pekarangan rumah, stool atau bangku hand-made ini menggabungkan sisi pendidikan, warisan, dan pengelolaan hutan secara berkelanjutan dalam satu produk yang indah.
Bahan bakunya dibuat menggunakan pohon yang ditebang di Ebworth Estate karena ujungnya yang telah mati.

Sejatinya koleksi bangku ini terdiri dari tiga desain berbeda, yang masing-masing terinspirasi oleh bangku dalam koleksi 'National Trust' dan telah diproduksi dalam jumlah kecil oleh siswa di sekolah kayu Sylva Foundation.

Untuk mendukung tujuan pendidikan sekolah tersebut, masing-masing bangku menggabungkan serangkaian proses dan teknik pembuatan tertentu tetapi disatukan dengan bahasa desain yang sama.


ARAN CHAIR

aran chair Kursi ini dirancang dengan mengutamakan keberlanjutan. Kursi mudah dibongkar pasang dan diperbaiki, atau bahkan didaur ulang.

Teknik pengerjaannya menggunakan mesin CNC modern yang dipadukan dengan pengerjaan kayu secara manual untuk menciptakan rangka kayu yang sempurna dengan lengan dibalut bahan rajutan, yang tetap tertahan kencang sehingga menghasilkan permukaan ergonomis untuk menopang punggung saat duduk.

Kursi Aran ini dikembangkan oleh Morgan Studio yang bekerjasama dengan Camira Fabrics. Kursi ini sepenuhnya terbuat dari bahan daur ulang dan terbarukan. Bahan tekstilnya adalah adalah 100% polyester yang didaur ulang, ditenun dengan campuran 90% botol plastik bekas pakai yang diambil dari tempat pembuangan sampah dan 10% plastik dari sampah laut.

Bahan rangkanya dibuat dari kayu Beech, Oak, Ash, atau Walnut yang bersumber dari hutan yang dikelola secara berkelanjutan.


HUERS CHAIR

huers chair Yang menarik pada kursi ini adalah sandaran punggungnya yang menyatu dengan dudukan kursi berbentuk melengkung, dengan teknik pembuatan menggunakan teknologi steam-bending.

Bagian rangka kaki sampingnya sederhana berbentuk kotak persegipanjang dan disambungkan dengan konstruksi yang klasik namun hasil penegerjaannya berkualitas tinggi.

Di desain oleh Mena Woodwork dan memakai kayu Oak Eropa bersertifikat FSC. Kursi Huers sengaja dibuat untuk pemakaian di luar ruangan dan dirancang agar kokoh dan mudah diperbaiki.


Pemenang Wood Awards akan diumumkan pada tanggal 20 November 2024, dalam resepsi yang akan diadakan di Carpenter’s Hall, di kota London.

Daftar nominasi lebih lengkap bisa dilihat di Wood Award 2024.

SOurce: woodawards

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama