Lem PVAc: Paling Mudah dan Cepat untuk Mengikat Kayu

mengolesi penampang kayu dengan lem pvac
Mengoleskan lem putih harus merata

Ada beberapa jenis lem untuk mengikat material yang berbahan dasar kayu. Ada lem kuning, lem epoxy, lem PU, dan yang paling sering digunakan adalah lem PVAc atau lebih dikenal dengan lem putih, karena berwarna putih.

Mungkin anda bertanya-tanya, apa itu lem PVAc? Jenis lem yang umum digunakan oleh tukang kayu ini dibuat dari polyvinyl acetate, dan merupakan jenis lem kayu yang kuat, mudah digunakan, tanpa warna, tanpa bau, dan mudah kering.


Aplikasi sangat mudah

Dibandingkan dengan jenis lem kayu lainnya, lem PVAc termasuk yang paling mudah digunakan.

1. Oleskan lem 'hanya' pada permukaan kayu yang bersentuhan dan tersembunyi. Jangan lapiskan lem hanya pada salah satu komponen, tetapi harus dua-duanya misalnya bagian pen dan bagian lubang.

2. Sebarkan lem dengan kuas atau sikat lembut. Tujuannya agar seluruh permukaan yang diolesi lem sama tipisnya dan merata.

3. Tekan kedua komponen secara bersamaan. Lem PVAc cukup cepat mengering, sambungan kedua komponen yang telah diolesi lem segera sebelum mengering (kering sentuh).

4. Tunggu hingga lem putih benar-benar mengering. Bisa menggunakan klem atau alat pengikat lainnya untuk menjaga bentuk sambungan stabil hingga lem PVAc benar-benar mengering dan keras. Proses ini biasanya membutuhkan waktu selama 4-8 jam, tergantung kondisi kelembaban ruangan.

5. Bersihkan lem yang berlebihan dengan kain lembab. Saat sambungan ditekan menggunakan klem, kelebihan lem kayu akan kelaur dan harus segera dibersihkan. Lem berlebihan akan berwarna gelap dan keras, sehingga akan sulit dibersihkan jika sudah kering.


Cepat mengering

Lem PVAc 'mengering' dalam tempo sekitar satu jam, dengan pengertian bahwa kering secara harfiah. Pada fase tersebut secara prinsip bahwa cairan lem telah meresap ke dalam pori-pori kayu, dan sebagian menguap.

Fase berikutnya bahwa bahan lem PVAc mengalami reaksi kimia atau secara struktur, tidak hanya permukaannya, tetapi seluruh bagian lem mengering. Kondisi tersebut membutuhkan waktu selama 12 jam. Kemudian lem kayu bisa dikatakan benar-benar kering dan memiliki kekuatan penuh dalam waktu 24 jam.

Kondisi kekeringan kayu dan ruangan berperan cukup penting dalam proses ini. Kayu yang kering akan membuat lem PVAc lebih cepat meresap, dan kondisi ruangan yang panas atau kering juga membuat lem menguap lebih cepat.

---

Eko HIDAYAT

Profesional dalam industri kayu dan bisnis terkait furniture | Founder tentangkayu.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama