Recall: Risiko Tersedak, RH Menarik Kembali Ranjang Bayi

Belum genap sebulan tentang penarikan produk ranjang bayi di benua Amerika Utara pada bulan lalu, kembali Komisi Keamanan Produk Konsumen (CPSC) mengumumkan recall serangkaian produk ranjang bayi yang berlapis kain karena bahaya tersedak pada awal Agustus 2024.

Jeune Crib/img: RH
ranjang bayi Oak Bekerjasama dengan CPSC dan Health Canada, RH (Restoration Hardware) sebagai peritel produk secara sukarela menarik kembali ranjang bayi tersebut mur knock-down (ada juga yang menyebutnya cross-dowel) yang terbuat dari logam dan terselip di lubang 'pre-drilled' dapat menjadi longgar dan terlepas, sehingga menimbulkan risiko tersedak pada anak kecil.

Nama lengkap produk ini adalah Jeune French Contemporary Upholstered Panel Cribs, dibuat dari kayu jenis Oak, dan panel sampingnya dilapisi kain berbusa tipis. Total unit yang telah terjual dilaporkan mencapai 480 unit (termasuk di Kanada), dan ranjang ini diproduksi di Vietnam.

Menurut penjualnya, telah diterima 2 laporan tentang cross-dowel yang terlepas atau longgar, dan tidak ada laporan terjadinya cedera.

Konsumen diminta untuk segera berhenti menggunakan ranjang bayi yang ditarik kembali dan menghubungi RH untuk menerima pengembalian dana penuh sesuai harga pembelian, atau penggantian ranjang baru tanpa biaya apapun.


Recall Kursi Makan Brooke

Sekitar seminggu sebelumnya CPSC juga mengumumkan penarikan kembali produk furniture kayu berupa kursi makan. Alasan penarikannya disebut karena risiko bahaya terjatuh. Disebutkan bahwa sambungan rangka kursi menjadi longgar setelah penggunaan beberapa lama, sehingga kursi bisa roboh dan membahayakan konsumen terjatuh dari kursi.

Jumlah kursi yang telah terjual cukup banyak, yaitu 5.670 unit. CPSC menerima 3 laporan kursi yang patah, tidak ada laporan cedera. Tidak disebutkan jenis kayunya, tapi disebutkan bahwa produk ini diproduksi di AS.


Sejak awal tahun 2024, setidaknya 5 kasus recall terhadap furniture kayu terjadi di AS:
  • 500 ribu dipan kayu ditarik kembali setelah lusinan laporan cedera; (Januari)
  • 400 unit kabinet laci ditarik kembali karena risiko terjungkal; (Juni)
  • Ratusan rak buku ditarik karena bahaya terjungkal & terjebak; (Juni)
  • Lebih dari seribu unit baby crib ditarik kembali di Kanada karena risiko jebakan; (Juli)
  • Ribuan kursi makan kayu ditarik karena kursi yang patah; (Juli)


---

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama