Pasar Amerika Menyumbang Hampir 40% Ekspor Produk Kayu Vietnam

Berbicara pada sebuah seminar di Hanoi, Ngo Sy Hoai, wakil presiden dari Asosiasi Kehutanan dan Produk Kayu Vietnam (Viforest) mengatakan bahwa industri kayu Vietnam saat ini sedang mempertahankan pertumbuhan yang baik. Vietnam saat ini menduduki peringkat ke-5 dunia dalam hal total nilai ekspor kayu dan produk kayu.

pekerja kayu di pabrik Vietnam
Ekspor produk kayu Vietnam ke AS mencapai 40%/img: VIR

Menurut Bapak Hoai, lima pasar utama ekspor produk kayu dari Vietnam saat ini adalah Amerika, Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan Eropa. Biaya logistik yang tinggi telah menjadi hambatan bagi perusahaan pengekspor produk kayu, salah satunya karena ukuran produk kayu yang besar.

Misalnya pada saat ini biaya pengiriman satu kontainer ke Amerika bisa mencapai 7.000 hingga 8000 dolar AS, sementara itu kadang-kadang nilai jual produk kayu di dalamnya setara dengan biaya pengiriman per kontainer.

Sementara itu, berbicara mengenai penghijauan pada industri logistik, wakil presiden VCCI, Nguyen Quang Vinh mengatakan bahwa pertumbuhan ramah lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan merupakan tren global yang penting, tidak dapat diubah, dan telah menjadi tren umum pada saat ini sehingga sektor logistik industri harus berpartisipasi.


(sggp.org.vn)

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama