Bahan Kayu Mendominasi Stadion Renang Olimpiade Paris 2024

Olimpiade Paris 2024 bisa jadi merupakan pameran arsitektur bangunan kayu yang dalam beberapa tahun terakhir cukup mendapatkan perhatian besar dari beberapa negara yang juga 'berkompetisi' untuk membuat bangunan kayu terbaik.

stadion renang Olimpiade Paris
Struktur bangunan stadion renang didominasi bahan kayu/img: Simon Guesdon

Sebagai contoh misalnya stadion baru bernama Aquatics Center di Prancis. Stadion ini berada di distrik Saint-Denis, sebuah area pedesaan di dekat perbatasan Jerman, ratusan kilometer dari Paris. Strukturnya dibuat oleh perusahaan konstruksi kayu Mathis. Seluruh pekerjaan kayu termasuk perencanaan, penggergajian, pemotongan, perekatan (laminasi), dan termasuk proses bending dilakukan di pabrik Mathis yang terletak di kota Alsace, sebelum dikirim ke Paris untuk dirakit di lokasi.

Bangunan tersebut didesain oleh perusahaan arsitektur dari Belanda VenhoevenCS bekerjasama dengan perusahaan arsitektur dari Perancis bernama Ateliers 2/3/4. Menurut mereka, desain bangunan ini ditujukan juga sebagai penerapan undang-undang Prancis yang mengharuskan semua bangunan baru yang dibangun untuk publik menggunakan bahan kayu atau bahan alami lainnya minimal 50 persen.

Keuntungan mendirikan bangunan dengan kayu sangat banyak. Bagi sebagian besar arsitek, keindahan kayu tanpa finishing memberikan manfaat besar pada proses yang lebih praktis dan hasil estetika yang lebih baik.

“Kami ingin menggunakan material sesedikit mungkin, dan dengan kayu berarti kami tidak perlu menggunakan dinding bata, beton atau komponen lain yang digunakan dalam konstruksi untuk menyembunyikan struktur utama bangunan,” kata Laure Mériaud, mitra di Ateliers 2/3/4/.

struktur atap dari kayuStruktur Aquatics Center sebagian besar dibangun dari kayu, terlihat di beberapa area termasuk atap plafon sepanjang 80 meter yang melengkung di atas kolam renang. Lengkungan plafon menciptakan ruang untuk tribun penonton di tiga sisi kolam renang, yang dapat menampung hingga 5.000 orang selama pertandingan.

Bahkan setiap kursi stadion terbuat dari bahan plastik daur ulang yang dikumpulkan dari lingkungan sekitar.

Kayu yang ditebang umumnya dianggap netral karbon jika semua pohon yang ditebang ditanam kembali dan dibiarkan tumbuh hingga usia yang sama.

Walaupun tergolong cukup ringan, konstruksi dengan bahan kayu mampu menahan tekanan dan keausan yang cukup besar, sehingga mengurangi emisi dengan mengurangi beban pada mesin konstruksi. Kayu solid dari jenis tertentu bahkan tidak mudah terbakar jika digunakan dengan hati-hati.

Pengujian menunjukkan bahwa kayu solid sebenarnya lebih sulit terbakar dan menghantarkan panas lebih lambat daripada rangka baja.


---

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama