Australia Memiliki Standar Baru Tentang Risiko Furniture Terjungkal

Dilaporkan sejak tahun 2000, sebanyak 28 orang, termasuk 17 anak balita, telah meninggal di Australia karena insiden furniture yang roboh atau terjungkal. Dan setiap tahunnya, lebih dari 900 warga Australia mengalami cedera yang memerlukan bantuan medis karena kejatuhan furniture. Pada situasi ini, anak-anak balita memiliki risiko paling tinggi, dan mereka yang berusia lanjut juga rentan mengalami insiden tersebut.

Oleh karena itulah Australia mengeluarkan undang-undang baru tentang standar keselamatan untuk mengurangi risiko furniture roboh atau terjungkal. Beberapa model furniture yang memiliki risiko tinggi terjungkal misalnya lemari pakaian, lemari berlaci susun, meja rias, dan furniture dinding lainnya.


Gambar ilustrasi lemari berlaci

Berdasarkan standar yang dirilis pada 4 Mei 2024 sesuai rekomendasi dari ACCC (Australian Competition & Consumer Commission), para pemasok furniture akan diminta untuk memberikan peringatan keselamatan kepada konsumen tentang bahaya furniture yang mudah terjungkal, serta rekomendasi tentang cara menghindari insiden furniture terguling sebelum dan sesudah membeli perabot.

Untuk memenuhi persyaratan tersebut, pemasok furniture atau produsen furniture harus:
  • menempelkan label peringatan permanen pada furniture;
  • menyertakan informasi keselamatan & petunjuk pemasangan penahan furniture di dalam buku manual perakitan; dan
  • memberikan peringatan tentang bahaya tergulingnya furniture di toko fisik dan online.

Furniture dinding seperti lemari berlaci susun, lemari pakaian, rak buku, rak TV, atau furniture tinggi lainnya, dapat dengan mudah roboh ketika anak kecil mencoba memanjat, atau menarik diri ke atas, perabot tersebut jika tidak diamankan dengan baik.

Standar baru ini mulai berlaku pada 4 Mei 2025 untuk model furniture tersebut yang berukuran tinggi lebih dari 68 sentimeter. Pemasok dan produsen furniture akan memiliki masa transisi atau persiapan selama 12 bulan untuk menerapkan label baru.


SARAN UNTUK KONSUMEN

Periksa hal-hal penting berikut ini pada furniture di rumah anda untuk mengurangi risiko furniture terjungkal.

Periksa kestabilan furniture, tidak goyang, dan pastikan seluruh kaki lemari menyentuh lantai.
  • Untuk lemari berlaci susun, tarik keluar laci teratas, dan berikan sedikit tekanan untuk melihat seberapa stabil furniture tersebut.
  • Pastikan laci tidak mudah terlepas saat ditarik keluar.
  • Gunakan rel laci yang memiliki stopper atau interlock yang mencegah laci lainnya bisa dibuka sekaligus.
  • Pilih furniture memiliki struktur kokoh yang meningkatkan stabilitas.
  • Pilih furniture yang agak rendah, atau lebar sehingga kemungkinan untuk terjungkal lebih kecil.

Tips Agar Furniture Aman Bagi Anak-anak Anda

SARAN UNTUK PRODUSEN

Bagi para produsen furniture tertentu, disarankan untuk segera menerapkan standar baru pada furniture yang akan diproduksi. Produk yang tidak mematuhi standar informasi akan dianggap sebagai pelanggaran terhadap Undang-Undang Konsumen Australia dan dapat membuat institusi bisnis atau individu terkena potensi tindakan penegakan hukum oleh ACCC.

Kelalaian akan pemenuhan persyaratan tersebut pun tidak main-main, mencapai 50 juta dolar Australia untuk institusi bisnis, dan maksimum 2,5 juta dolar Australia untuk individu.


(ACCC)

tentangkayu

Mari Belajar dan Berkembang Bersama Kami

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama